Senin, 07 Oktober 2013

Problem Based Learning

A. Sejarah Problem Based Learning

Ketika pertama berkenalan dengan metode ini, saya pikir PBL adalah metode yang masih cukup baru, ternyata tidak. Metode ini pertama kali digunakan di sekolah medis, yang kemudian merambas ke berbagai sekolah lain. Sesuai dengan sumber yang saya baca, PBL pertama kali diperkenalkan oleh Faculty of Health Sciences of McMaster University di Kanada pada tahun 1966. Kemudian pada tahun 1976, Maastricht Faculty of Medicine di Belanda menyusul sebagai institusi pendidikan kedokteran kedua yang mengadopsi PBL. Sebenarnya terdapat beberapa pendapat yang berbeda tentang tahun dan penemu dari metode ini. Ada yang mengatakan bahwa PBL ini dirancang pada tahun 1986. Meskipun terdapat perbedaan informasi mengenai tahun penemuannya, namun semuanya mengatakan bahwa metode ini pertama kali digunakan oleh sekolah medis, baru kemudian diadopsi ke bidang pendidikan lainnya.

B. Defenisi

Dari namanya saja, sebenarnya kita bisa mendapatkan gambaran mengenai apa itu PBL, yaitu pembelajaran yang didasarkan pada fenomena dan masalah yang ada. Problem Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan masalah untuk memicu pembelajaran, sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru (Tim PDPT UI, 2005; Widjayakusumah, 2005).
Metode ini memungkinkan siswa belajar dari pengalamannya dalam memecahkan masalah. Dengan adanya metode ini, maka siswa memperoleh kesempatan untuk berpikir dan menganalisa.

C. Pengalaman Belajar dengan PBL melalu CML

Beberapa waktu lalu, kami ditugaskan untuk melakukan diskusi kelompok secara online. Dalam diskusi ini kami diminta membahas tentang masalah yang kami alami dalam kelas Psikologi Belajar. Yang kami temukan tentulah masalah belajar di kelas, yaitu mengenai ketidakaktifan mahasiswa dan ketidakmaksimalam kelas. Mata kuliah Psikologi Belajar sebenarnya membahas mengenai teori-teori dan proses-proses belajar yang terjadi. Jadi intinya kami mencoba mempelajari diri kami sendiri. Sebenarnya diskusi kami belum maksimal, kesulitannya adalah menghubungkannya dengan teori belajar. Kami masih kurang mampu menghubungkan antara masalah dan teori. Namun demikian, metode ini membantu saya dalam memahami teori-teori belajar.


daftar pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar