Senin, 23 September 2013

Hasil Diskusi online

Dalam diskusi kelompok yang membahas perkuliahan online melalui teori belajar behaviorisme dan gestalt diperoleh hasil sebagai berikut:
  • Teori Behaviorisme
Ada beberapa tokoh yang termasuk dalam aliran behaviorisme. Dalam diskusi, kami mencoba melihat dari teori Skinner tentang operant conditioning, dalam operant conditioning ada istilah penguat, ada yang positif dan negatif. Jika dikaitkan dengan kuliah online maka  ketika proses belajar online bisa menambah pemahaman peserta, maka peserta bisa memaknai proses ini. Tapi ketika yang mereka dapatkan adalah keribetannya, berarti peserta akan malas berdiskusi secara online. Pemahaman yang bertambah akan menjadi penguat positif terhadap perilaku. 
  • Teori Gestalt
beberapa penjelasan yang kami ungkapkan tetang proses belajar yang menggambarkan teori belajar Gestalt :

contohnya itu, kita memandang proses diskusi online ini sebagai suatu keseluruhan, maksudnya bahwa dalam diskusi online ini, kita tidak hanya berbicara tentang teori-teori belajar namun juga tentang kemampuan kita dalam berteknologi misalnya, kemampuan kita mengaitkan teori yang satu dengan yang lain, dan kemampuan2 lainnya yang keseluruhannya tergabung dalam proses diiskusi ini. (Ariansyah)

kalau yang aku pahami teori gesalt itu berkaitan dengan persepsi, artinya kita tidak hanya mengikuti suatu proses stimulus-respon seperti yang di behavioristik. kalau di behavior itu misalnya kita mencoba mersepon setiap pertanyaan tadi kan. tapi kalau dengan teori gesalt, kita bukan sekedar berlatih menanggapi, tetapi memahami apa yang sedang kita lakukan ini, memahami pendapat orang lain juga, dan mengerti tujuan dari apa yang kita lakukan. sehingga sehabis diskusi ini ada pemahaman kita yang bertambah. (Rahel)

inti dari teori tu adalah dengan adanya proses belajar maka kita akan dapat menemukan 'insight', atau kata sederhananya 'ide'. jika dikaitkan dgn diskusi online ini, jadinya gini.. dalam diskusi online ini kan kita banyak membahas hal2 yg butuh pemecahan masalah, misalnya saat kita dituntut untuk memberikan contoh dari teori2 yg berkaitan dgn topik.. nah saat dlm proses nya kita harus mengkaitkan teori dgn aplikasi.. nah, jika kita sudah paham tentang inti dari teori nya, maka akan muncul 'ide'-ide untuk mengaplikasikan teori itu ke bentuk aplikasi nyata.(Wahyu)


TESTIMONI UNTUK PERKULIAHAN & DISKUSI ONLINE

Dalam minggu ini, saya mengikuti dua kegiatan yang dilakukan secara online yaitu perkuliahan dan diskusi online. Ada kesan yang berbeda yang saya dapatkan dari kedua kegiatan itu. Di perkuliahan online saya kurang mampu mengikuti pembahasan materi karena gangguan koneksi, untuk masuk ke roomchat sulit. keterlambatan saya masuk room membuat saya sulit terkoneksi dengan pembahasan saat itu. selain itu, saya mengalami kesulitan untuk bisa melihat perkembangan bahasan topik. Sementara dalam diskusi online saya bisa mengikuti dengan baik, saya lebih mampu mencerna pendapat teman-teman saya dan menyampaikan pemahaman saya. Tapi sejauh ini pengalaman mengikuti perkuliahan dan diskusi online dalam mata kuliah Psikologi belajar sangat bermanfaat bagi saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar