Sehubung dengan adanya tugas
untuk melakukan survey dengan menggunakan kwik survey dalam mata kuliah
pendidikan, saya membuat survey yang berkaitan dengan motivasi. Dalam survey ini saya mengambil data dari 50
orang responden. saya memilih topik motivasi karena faktor ini merupakan energi
penting bagi seseorang untuk berperilaku. Dalam survey saya saya tidak melihat
seberapa besar motivasi seseorang , melainkan saya lebih tertarik untuk
mengetahui seberapa besar faktor
intrinsik dan ekstrinsik mempengaruhi motivasi mahasiswa untuk mengikuti
pelajaran. Setelah melakukan survey, saya memperoleh data sebagai berikut :
Question
4
1.
Saya selalu berusaha menyukai tugas yang dibebankan terhadap saya
setuju
30 60.00%
netral
20 40.00%
tidak
setuju 0 0.00%
Question
5
2.
Saya merasa rugi ketika tidak bisa memahami pelajaran dalam perkuliahan
setuju
45 90.00%
netral
5 10.00%
tidak
setuju 0 0.00%
Question
6
3.
Adanya kuis membuat saya lebih semangat dalam belajar
setuju
29 58.00%
netral
21 42.00%
tidak
setuju 0 0.00%
Question
7
4.
Saya senang ketika dosen menerima pendapat saya
setuju
42 84.00%
netral
8 16.00%
tidak
setuju 0 0.00%
Question
8
5.
saya tetap mengikuti perkuliahan dengan serius meskipun teman-teman saya tidak
setuju
19 38.00%
netral
31 62.00%
tidak
setuju 0 0.00%
Question
9
6.
saya tetap serius belajar meskipun saya tidak menyukai pelajaran itu
setuju
11 22.00%
netral
35 70.00%
tidak
setuju 4 8.00%
Question
10
7.
keseriusan saya dalam perkuliahan tergantung pada dosen yang mengajar
setuju
23 46.00%
netral
17 34.00%
tidak setuju 10 20.00%
kesimpulan yang dapat saya ambil melalui
survey ini adalah setiap mahasiswa memiliki dorongan dari dalam dirinya sendiri
dalam menjalani perkuliahannya. Pernyataan pertama dan kedua menunjukkan
persentasi 0 % untuk pilihan tidak setuju, hal itu merupakan indikator yang
menunjukkan bahwa setiap mahasiswa memiliki dorongan intrinsik untuk mengikiti
perkuliahan. Namun selain faktor intrinsik adapula faktor ekstrinsik yang bisa
mempengaruhi motivasi seseorang. pernyataan saya berikutnya menjadi indikator
yang menunjukkan bahwa kebanyakan mahasiswa sangat dipengaruhi oleh faktor
eksternal. Faktor eksternal tersebut bisa saja meningkatkan motivasi mahasiswa
atau bisa juga malah melemahkan motivasi mahasiswa.
Testimoni
Ini merupakan pengalaman awal saya dalam
membuat survey. Tugas ini memberikan banyak pelajaran bagi saya apalagi survey
pertama saya ini berbentuk survey online. Metode survey seperti ini menurut
saya sangat membantu para peneliti dalam melakukan penelitian. Proses
penghitungan hasil survey lebih praktis dan cepat. Selain itu akan lebih mudah
bagi kita untuk memperoleh responden ketika penelitian kita membutuhkan sampel
random. Saya merasa bersyukur telah mengenal metode survey online seperti ini.
Pengalaman membuat tugas survey ini
mengajarkan saya 2 hal sekaligus, saya belajar membuat survey dan juga untuk
melakukannya secara online. Sungguh ini merupakan pengalaman Luar Biasa
ditambah lagi dukungan dari para responden yang luar biasa, saya ucapkan
terimakasih kepada para responden saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar