Selasa, 05 Juni 2012

Tugas SURVEY



Sehubung dengan adanya tugas untuk melakukan survey dengan menggunakan kwik survey dalam mata kuliah pendidikan, saya membuat survey yang berkaitan dengan motivasi.  Dalam survey ini saya mengambil data dari 50 orang responden. saya memilih topik motivasi karena faktor ini merupakan energi penting bagi seseorang untuk berperilaku. Dalam survey saya saya tidak melihat seberapa besar motivasi seseorang , melainkan saya lebih tertarik untuk mengetahui  seberapa besar faktor intrinsik dan ekstrinsik mempengaruhi motivasi mahasiswa untuk mengikuti pelajaran. Setelah melakukan survey, saya memperoleh data sebagai berikut :

Question 4
1. Saya selalu berusaha menyukai tugas yang dibebankan terhadap saya
setuju 30 60.00%
netral 20 40.00%
tidak setuju 0 0.00%

Question 5
2. Saya merasa rugi ketika tidak bisa memahami pelajaran dalam perkuliahan
setuju 45 90.00%
netral 5 10.00%
tidak setuju 0 0.00%

Question 6
3. Adanya kuis membuat saya lebih semangat dalam belajar
setuju 29 58.00%
netral 21 42.00%
tidak setuju 0 0.00%

Question 7
4. Saya senang ketika dosen menerima pendapat saya
setuju 42 84.00%
netral 8 16.00%
tidak setuju 0 0.00%

Question 8
5. saya tetap mengikuti perkuliahan dengan serius meskipun teman-teman saya tidak
setuju 19 38.00%
netral 31 62.00%
tidak setuju 0 0.00%

Question 9
6. saya tetap serius belajar meskipun saya tidak menyukai pelajaran itu
setuju 11 22.00%
netral 35 70.00%
tidak setuju 4 8.00%

Question 10
7. keseriusan saya dalam perkuliahan tergantung pada dosen yang mengajar
setuju 23 46.00%
netral 17 34.00%
tidak setuju 10 20.00%
kesimpulan yang dapat saya ambil melalui survey ini adalah setiap mahasiswa memiliki dorongan dari dalam dirinya sendiri dalam menjalani perkuliahannya. Pernyataan pertama dan kedua menunjukkan persentasi 0 % untuk pilihan tidak setuju, hal itu merupakan indikator yang menunjukkan bahwa setiap mahasiswa memiliki dorongan intrinsik untuk mengikiti perkuliahan. Namun selain faktor intrinsik adapula faktor ekstrinsik yang bisa mempengaruhi motivasi seseorang.  pernyataan saya berikutnya menjadi indikator yang menunjukkan bahwa kebanyakan mahasiswa sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal. Faktor eksternal tersebut bisa saja meningkatkan motivasi mahasiswa atau bisa juga malah melemahkan motivasi mahasiswa.

 

Testimoni
Ini merupakan pengalaman awal saya dalam membuat survey. Tugas ini memberikan banyak pelajaran bagi saya apalagi survey pertama saya ini berbentuk survey online. Metode survey seperti ini menurut saya sangat membantu para peneliti dalam melakukan penelitian. Proses penghitungan hasil survey lebih praktis dan cepat. Selain itu akan lebih mudah bagi kita untuk memperoleh responden ketika penelitian kita membutuhkan sampel random. Saya merasa bersyukur telah mengenal metode survey online seperti ini. Pengalaman  membuat tugas survey ini mengajarkan saya 2 hal sekaligus, saya belajar membuat survey dan juga untuk melakukannya secara online. Sungguh ini merupakan pengalaman Luar Biasa ditambah lagi dukungan dari para responden yang luar biasa, saya ucapkan terimakasih kepada para responden saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar