sepenggal pengetahuan tentang Andragogi
Secara etimologis, andragogi berasal dari bahasa Latin “andros” yang berarti orang
dewasa dan “agogos“ yang berarti memimpin atau melayani. Knowles (Sudjana, 2005: 62) mendefinisikan andragogi sebagai seni dan ilmu
dalam membantu peserta didik (orang dewasa) untuk belajar (the science and
arts of helping adults learn). Dari pengertian
ini diketahui bahwa objek dari andragogi adalah orang dewasa.
Mendidik orang
dewasa tentu tidak sama dengan mendidik anak-anak. Orang dewasa diharapkan
lebih matang secara psikologis dibanding dengan anak-anak. Kunci kesuksesan
pendidikan orang dewasa adalah keterlibatan diri. Andragogi adalah metode
pembelajaran yang melibatkan orang dewasa dalam pembelajaran.
Andragogi
berbeda dengan pedagogi. Perbedaan ini memang terletak pada objeknya, dan objek
yang berbeda ini menyebabkan metode yang diterapkan pada pedagogi berbeda
dengan andragogi. Jika pedagogi merupakan metode dimana kita mencari cara agar anak menjadi mengerti, menjadi paham dan
pembelajaran maksimal maka andragogi adalah seni yang diterapkan dengan tujuan bagaimana
agar seseorang mau terlibat dalam pembelajaran tersebut. Perbedaan lain adalah
bahwa pada pedagogi anak menjadi termotivasi karena dorongan eksternal ,
sementara pada andragogi seseorang diharapkan memiliki motivasi dari dalam diri
sendiri
Daftar Pustaka
http://imtaq.com/perbedaan-pedagogi-dan-andragogy/
http://edukasi.kompasiana.com/2011/02/23/teori-belajar-andragogi-dan-penerapannya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar