Kamis, 07 Juni 2012

sepenggal pengetahuan tentang Andragogi


Secara etimologis, andragogi berasal dari bahasa Latin “andros” yang berarti orang dewasa dan “agogos“ yang berarti memimpin atau melayani. Knowles (Sudjana, 2005: 62) mendefinisikan andragogi sebagai seni dan ilmu dalam membantu peserta didik (orang dewasa) untuk belajar (the science and arts of helping adults learn). Dari pengertian ini diketahui bahwa objek dari andragogi adalah orang dewasa.

Mendidik orang dewasa tentu tidak sama dengan mendidik anak-anak. Orang dewasa diharapkan lebih matang secara psikologis dibanding dengan anak-anak. Kunci kesuksesan pendidikan orang dewasa adalah keterlibatan diri. Andragogi adalah metode pembelajaran yang melibatkan orang dewasa dalam pembelajaran.

Andragogi berbeda dengan pedagogi. Perbedaan ini memang terletak pada objeknya, dan objek yang berbeda ini menyebabkan metode yang diterapkan pada pedagogi berbeda dengan andragogi. Jika pedagogi merupakan metode dimana kita mencari cara agar  anak menjadi mengerti, menjadi paham dan pembelajaran maksimal maka andragogi adalah seni yang diterapkan dengan tujuan bagaimana agar seseorang mau terlibat dalam pembelajaran tersebut. Perbedaan lain adalah bahwa pada pedagogi anak menjadi termotivasi karena dorongan eksternal , sementara pada andragogi seseorang diharapkan memiliki motivasi dari dalam diri sendiri

Daftar Pustaka

http://imtaq.com/perbedaan-pedagogi-dan-andragogy/

http://edukasi.kompasiana.com/2011/02/23/teori-belajar-andragogi-dan-penerapannya/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar