Selasa, 24 April 2012

Pendidikan dan Teknologi ( Tugas kelompok)


Ajeng Diah A (11024) bersama Cynthia Marilyn Sitompul (11070) dan Rahel Marisa Saragih (11092)




1. Persinggungan teknologi dengan pendidikan
·         Teknologi seperti internet, computer dan peralatan elektronik lainnya sangat membantu dalam proses belajar mengajar, dengan teknologi interaksi anatara guru dan murid dan sebaliknya lebih aktif dan efektif
·         Mengikuti perkembangan jaman, dimana setiap orang diharapkan peka terhadap perkembangan teknologi
·         Mempersiapkan peserta didik untuk dapat terjun ke dunia kerja dan peserta didik mampu berkompetisi dalam dunia kerja yang akan mereka hadapi dimasa datang.

2. Berdasarkan pengalaman kami, Internet mulai dipergunakan dalam pembelajaran sejak SMA.
§  Penggunaannya bermanfaat dalam membantu menambah wawasan sesuai dengan yang kami ketahui beberapa sekolah telah memulai penggunaan internet atau computer sejak SD,  tetapi sebagian besar mulai menggunakan internet atau teknologi di SMP.
§  Penggunaannya pun belum terlalu aktif di kelas, hanya sekedar menggunakan computer atau internet. Pendidikan di Medan mungkin sudah menggunakan computer dan internet namun dalam hal ini pendidikan belum berpusat pada penggunaan teknologi tersebut.

3. Ubiquitos computing adalah distribusi computer ke lingkungan , dimana seluruh lingkungan telah mampu untuk mengakses internet dan infomasi tanpa harus menggunakan computer tetapi dapat mengaksesnya dengan alat yang lebih mudah dibawa kemana-mana seperti tablet, smartphone dan lain sebagainya.
Kami setuju dengan pengguanaan ubiquitos computing ini karena lebih simple mudah dibawa kemana-mana dan dengan kemudahan itu kita bisa mengakses informasi dimanapun kita berada. Dengan sistem ini juga tentu penggunaan internet di dunia pendidikan akan lebih terbantu atas kemudahan dan kemurahan untuk mengaksesnya

Persentasi dan Tanggapan 

Ubiquitous computing
1.       Oleh kelompok  Clara , Desima dan Lisdiana
Ubiquitous computing sebuah program dimana internet lebih bersosialisasi ke lingkungan .

Tanggapan :
ü  Oleh kel. Resi : bagaimana contoh  penggunaan Ubiquitous computing di dunia pendidikan  ( oleh presenter ditanggapi : contoh penggunaannya kuliah  online , dimana proses belajar tetap berlangsung walau dosen tidak hadir dalam kelas)
ü  Oleh kel. Thaya : ubiquitous computing adalah program dimana kita seperti menemukan internet dimana – mana.
ü  Oleh kel.Roni : ada  3 era perkomputeran yaitu  1 for many , pc, dan ubiquitous computing yaitu 1 person many computer .

2.       Oleh kelompok  Edwin , Anisa , Angela , Mentari
Ubiquitous computing adalah suatu program dimana internet menyebar di lingkungan , masa sekarang ini adalah masa transisi dari PC menjadi Ubiquitous  computing.

Tanggapan :
ü  Kel .Liandra : apa dampak positif dan negatif ubiquitous computing di dunia pendidikan ( oleh presenter ditanggapi : adanya pemakaian yang berlebihan seperti penggunaan internet saat ujian )
ü  Kel.k’Husna : apakah benar sekarang ini masih era transisi menuju ubiquitous computing  atau sudah  memasuki era ubiquitous computing ?( oleh presenter ditanggapi : belum semua orang dekat dengan Smartphone , tablet , ipad , dsb  jadi belum bisa dinyatakan sudah memasuki era ubiquitous computing)
Menurut Ibu Dina  , di Indonesia ubiquitous computing masih dalam era transisi . Di beberapa negara  mungkin penggunaan ubiquitous sudah familiar . Namun Indonesia sendiri belum. 

Standard Melek teknologi di Medan Khususnya 

Oleh kelompok Rifany , Mianty, Gustina ,Eldaa
Penggunaan internet dalam dunia pendidikan  khususnya di Medan sekarang ini sudah diadakan di sekolah bahkan sejak TK. Seorang anak SD justru ditugasi PR yang mengharuskan dia menggunakan internet . Tanggapan :

ü  Kel. Ajeng : apakah sudah semua sekolah menggunakan  internet itu, sementara seperti beberapa sekolah di pedesaan dan menurut pengalaman Ajeng belum semua menggunakannya ? beberapa menggunakannya namun hanya sekedar(tanggapan presenter : Indonesia mengalami keterlambatan di beberapa daerah )
ü  Kel. K’Husna : apakah benar dunia pendidikan di medan sudah melek teknologi? (tanggapan presenter sudah , karena saat ini di beberapa TK  dan SD sudah diberi pendidikan Teknologi dan Informasi )
Penjelasan Ibu Dina
Melek teknologi berati memiliki kemampuan memfilter apa yang seharusnya dipelajari dan digunakan dan  yang mana yang seharusnya tidak dipelajari  .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar