Tugas Rahel Marisa Saragih (11092) bersama Grace Sihotang(11058) dan Friska Pontoria LT (11106)
Psikologi adalah
ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental . Banyak ketertarikan
untuk mempelajari perilaku individu di
berbagai bidang seperti , Industri dan Organisasi , pendidikan dan juga sekolah . psikolgi sekolah menjadi
bagian dari ilmu psikologi yang membantu menciptakan situasi yang mendukung
bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan akademik dan sosialisasi anak serta
berbagai potensi lainnya yang dimiliki anak. Sebagai ilmu psikologi , psikologi
sekolah juga juga berkaitan dengan perilaku yang terjadi di ruang lingkup
sekolah.
Perbedaan psikologi
sekolah dan psikologi pendidikan
Menurut kami, perbedaannya adalah
kalau dalam psikologi sekolah mencakup ruang lingkup dunia sekolah, iklim sekolah,
permasalahan sekolah dan kondisi sekolah. Psikologi sekolah berkonsentrasi pada
kegiatan mendiagnostik permasalahan di lingkungan sekolah. Sementara psikologi pendidikan adalah salah satu cabang
ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan
pembelajaran dari lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan mencakup konten
psikologi belajar, pengukuran dan pengembangan tes prestasi.
Fungsi sekolah sebagai
agen perubahan
1. Sebagai
tempat pembentukan karakter siswa
2. Mebantu
anak dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya secara maksimal
3. Sebagai
tempat bersosialisasi , tempat mengenali dunia luar
Metode yang dapat
digunakan dalam sistem pengajaran di sekolah
1. Metode
student center
§
KBK
§
PAKEM(Pendidikan aktif kreatif efektif dan menyenangkan)
2. Teacher
center
§
GBPP 1994
Ada beberapa jenis permasalahan yang sering
terjadi terhadap siswa di sekolah :
1.
Permasalahan yang timbul dari dalam diri siswa ,
misalnya kesulitan untuk memehami dirinya sendiri , kesulitan dalam menyalurkan
minat , bakat, dan kemampuan.
2.
Masalah Pribadi dan sosial si anak , misalnya
kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sekolah , tuntutan orang tua terhadap
anak
3.
Pelanggaran akan peraturan sekolah seperti
membolos, mencontek , terlambat.
Solusi penyelesaian masalah
1.
Konseling antara siswa dengan Guru BK , solusi
ini penting bagi siswa yang mengalami masalah pribadi dengan dirinya sendiri
atau juga dengan sosialnya
2.
Memberikan tugas sesuai dengan kemampuan siswa ,
kebanyakan siswa mencontek karena merasa tugas yang diterimanya terlalu berat
sementara terlalu banyak tuntutan dari keluarga agar siswa tersebut memperoleh
nilai bagus.
3.
Melibatkan siswa dalam pembentukan peraturan
dalam proses belajar mengajar , misalnya tentang cara izin dari kelas, sehingga
siswa merasa dihargai sebagai bagian
dari proses pembelajaran.
Fungsi dan peran
psikolog sekolah dan perlunya psikologi
sekolah
§
Memberi penilaian terhadap Guru terkai dengan
inovasinya dalam mengajar dan juga intelegensi guru
§
Membantu peningkatan kualitas sekolah
§
Membantu menyelesaikan masalah siswa dan sekolah
yang tidak dapat diselesaikan guru BK
Pada dasarnya peran psikolog
pendidikan berbeda dengan guru BK . Peran psikolog Sekolah diperlukan khususnya
dalam meningkatkan kualitas sekolah dan membantu para guru dalam menghadapi
siswa dan pencapaian tuntutan kurikulum. Hal itulah yang membedakan Guru BK dan
psikolog sekolah sehingga diperlukan peranan psikolog sekolah.
Hal – hal yang diberikan
dalam kaitannya dengan psikolog sekolah
Ø Tes
integensi
Ø Tes minat dan bakat
Ø Seminar
/ ceramah
Perbedaan antara Psikolog sekolah
, Psikolog Pendidikan dan Guru BK
Psikolog sekolah memberikan
konseling pada guru mengenai pembelajaran dan masalah dalam lingkungan sekolah
sementara psikolog pendidikan bertugas dalam menentukan standard kurikulum
dalam proses pengajaran di dunia pendidikan sedangkan Guru BK adalah guru yang
memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa di sekolah untuk mengatasi
permasalahan siswa seperti mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar